Kisah Dibalik Cerita Muning Raib

00.09 Diposting oleh SENANDUNG PAT PETULAI

Suku bangsa Rejang merupakan satu dari sekian banyak yang sarat dengan beraneka ragam adat budaya. Hingga kini, salah satunya terdapat sebuah cerita rakyat yang bersejarah dan masih diyakini oleh masyarakat, Rejang khususnya. Cerit itu dikenal dengan kisah Muning Raib.

Pada jaman dulu dari salah satu desa tua ditanah Rejang dikenal dengan nama Dusun Curup. Diceritakan seorang pemuda bernama Muning pergi kebukit kaba. Dia membawa tekad yang bulat dihatinya untuk bisa mendapatkan ketenangan disana. Muning hanya pergi dengan baju dibadan serta sebuah seruling saktinya dan kemudian dia melakukan pertapaan dibukit itu. Dalam penyendiriannya Muning memainkan serulingnya dan membuat Dewi terpikat kepadanya.

Kemudian karena Dewi tersebut tertarik dengan dengan Muning akhirnya mereka menikah dan hidup bersama walaupun beda dunia. Berita itu tersebar sampai ke desa dan Muning diajak untuk kembali pulang. Namun, Muning diberikan dua persyaratan oleh Dewi bahwa Muning dilarang memasak Rebung dan Pakis kalau sedang bekejei. Namun Muning melupakan persyaratan dan tidak sengaja melakukan pantangan tersebut sehingga membuat Dewi murka kepadanya. Lalu Dewi pulang kembali ke Bukit Kaba dan Muningpun ikut bersama dewi dan sejak kejadian itu Muning Raib tak pernah kelihatan lagi. Dari kisah ini maka dikenallah cerita Muning Raib karena tak pernah kembali.

Related Posts by Categories



1 komentar:

  1. Ropen Apriono mengatakan...

    bagus sekali. keren! follow saya juga, ya?! di http://thoen-djank-tulen.blogspot.com

Posting Komentar